Jumat, 31 Mei 2013

hasil belajar



1.      Hasil Belajar
Suprijono (2011:5) hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan-keterampilan. Hasil belajar yang nampak dari kemampuan yang diperolesiswa, Merujuk pemikiran Gagne, hasil belajar berupa:
a.       Informasi verbal yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis.
b.      Keterampilan intelektual yaitu kemampuan mempersentasikan konsep dan lambang.
c.       Strategi kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya sendiri.
d.      Keterampilan motorik yaitu kemempuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi, sehingga terwujud otamatisme gerak jasmani.
e.       Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut.
Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti suatu materi tertentu dari mata pelajaran yang berupa data kuantatif maupun kualitatif (Iskandar, 2009:128).
Menurut Bloom, hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Domain kognitif adalah knowledge (pengetahuan, ingatan), comprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas, contoh), application (menerapkan), analysis (menguraikan, menentukan hubungan), synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentuk bangunan baru), dan evaluation (menilai). Domain afektif adalah reciving (sikap menerima), responding (memberikan respons), valuing (nilai), organization (organisasi), characterization (karakterisasi). Domain psikomotor meliputi initiatory, pre-routine, dan rountinized (Suprijono, 2011:7).
Hamzah (2008:213) hasil belajar adalah perubahan prilaku yang relatif menetap dalam diri seseorang sebagai akibat interaksi seseorang dengan lingkungannya. Hasil belajar memiliki beberapa ranah atau katagori dan secara umum merujuk kepada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja (Suprijono, 2011:7).
 Berdasarkan pendapat para ahli yang telah diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah tingkatan penguasaan yang dimiliki siswa yang meliputi tiga aspek yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar