Jumat, 31 Mei 2013

faktor yang mempengaruhi hasil belajar

Hasil belajar merupakan nilai keberhasilan belajar seseorang setelah mengalami proses belajar selama periode tertentu. Pendapat lain menyatakan bahwa hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku secara teknik dinytakan dalam pernyataan verbal melalui tujuan pengajaran yang baik dari perubahan kognitif, efektif, fisikomotor dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar. Berdasarkan pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah hasil yang telah dicapai siswa setelah melaksanakan proses belajar mengajar selama periode tertentu. a. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor dari dalam diri siswa (internal) dan faktor yang datang dari luar siswa atau faktor lingkungan (eksternal). 1) Faktor internal Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar adalah: a) Faktor Jasmaniah 1. Faktor kesehatan, kesehatan seseorang berpengaruh terhadap belajarnya, karena proses belajar seseoarang akan terganggu jika kesehatannya juga terganggu. Jadi agar seseorang dapat belajar dengan baik haruslah mengusahakan kesehatan badannya tetap terjamin. 2. Cacat tubuh adalah sesuatu yang menyebabakan kurang baik atau kurang sempurna mengenai tubuh atau badan. b) Faktor Psikologis 1. Intelegensi adalah kecakapan yang terdiri dari tiga jenis yaitu kecakapan untuk menghadapi dan menyesuaiakan ke dalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui atau menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui relasi dan mempelajarinya dengan cepat; 2. Perhatian, menurut Gazali adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi, jiwa itu pun semata-mata tertuju kepada suatu obyek atau sekumpulan objek; 3. Minat adalah kecendrungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan; 4. Bakat, menurut Hilgard adalah kemampuan untuk belajar; 5. Kematangan adalah tingkat atau fase dalam pertumbuhan seseorang, di mana alat-alat tubuhnya sudah siap untuk melaksanakan kecakapan baru; 6. Kesiapan, menurut Jamies Drever adalah kesediaan untuk memberi respon atau bereaksi. 2) Faktor eksternal a. Faktor Keluarga Faktor Keluarga yaitu: cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan. b. Faktor Sekolah Faktor Sekolah yaitu: metode mengajar, kurikulum, relasi antara siswa dengan guru, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat dan bahan pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah. c. Faktor Masyarakat Faktor Masyarakat yaitu: kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat. Dari faktor di atas dapat diketahui faktor mana yang mempunyai pengaruh lebih, untuk itu perlu mendapat kajian satu persatu khususnya pelajaran matematika, dalam pembelajaran siswa diharapkan bukan hanya paham dan mampu melakukan suatu pekerjaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, akan tetapi juga bentuk sikap positif seperti, kritis, inovatif, kreatif, mandiri dan terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar