Minggu, 16 Juni 2013

rancangan satuan acara pembelajaran















 

























RANCANGAN SATUAN ACARA PEMELAJARAN (SAP)

Program keahlian      :  Sekolah Menengah Pertama
Mata Diklat                :  Matematika
Kompetensi                 :  D. Himpunan
Kelas                           :  VII ( tujuh)
Waktu                         :  22 jam pelajaran

Sub kompetensi
Materi Pokok Pembelajaran
Substansi Non-instruksional
Metode penilaian
Strategi Pembelajaran
Waktu (JamPel)
Sumber daya
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan
1
2
3
4
5
6
7
8
9

D1. Mengenal himpunan


Teliti dan cermat dalam menerapkan konsep himpunan

§ Pengertian himpunan
§ Menyatakan himpunan dengan mendata anggotanya
§ Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga



Mengope-rasikan himpunan

§ Kesadaran akan potensi diri
§ Kecakapan kerjasama
§ Kecakapan memecahkan masalah
§ Kecakapan komunikasi

§ Pemberian tugas
multi fulcois( pilihan ganda)
§ Uraian

§ Siswa menyimak dengan cermat pengantar guru tentang contoh-contoh himpunan dalam kehidupan sehari-hari
§ Guru meminta siswa menyebutkan beberapa contoh yang merupakan himpunan dan bukan himpunan
§ Guru meminta siswa mengerjakan contoh soal latihan 3.
§ Siswa yang dapat mengerjakan minimal 75% dengan benar maka di lanjutkan ke kegiatan ke 3
§ Siswa yang belum mendapatkan minimal 75% hasil tes, harus mengerjakan ulang tugas latihan 3.



4

§ Buku Pintar Matematika SMP
§ Konsep dan aplikasi matematika 1

§ Jenius Matematika 1

D2. Memahami konsep bagian himpunan

Teliti dan cermat dalam menerapkan konsep bagian himpunan

§  Dapat membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya

§  Dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan

§  Dapat memahami tentang himpunan semseta  serta dapat menyebutkan anggotanya

Mengoprasikan himpunan kosong dan himpunan bagian

§ Kesadaran akan potensi diri
§ Kecakapan kerjasama
§ Kecakapan memecahkan masalah
§ Kecakapan komunikasi
§ Menumbuhkan Kreakivitas

§ Pemberian tugas
§ Uraian obyektif


§ Siswa mendiskusikan tentang pengertian himpunan kosong.
§ Guru memberikan latihan soal tentang himpunan kosong dan
Setelah siswa selesai mengerjakan soal, siswa di harapkan maju untuk mengerjakan di depan.
§ Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas dan di persentasikan
§ Guru memberikan tugas untuk mengerjakan latihan 9 kepada siswa
§ Siswa yang minimal dapat mengerjakn 75% dengan benar, dan dapat di lanjutkan ke kegiatan 4
§ Siswa yang belum mencapai minimal 75%  benar, guru memberikan contoh lain dan siswa mengerjakan


6

§ Buku Pintar Matematika SMP
§ Konsep dan aplikasi matematika 1
§ Jenius matematika 1

D3. Menyatakan himpunan dengan diagram Venn

Teliti dan cermat dalam menerapkan konsep digram venn
 
§ Mengenal digram venn
§ Dapat memahami  irisan dan gabungan dua himpunan
§ Menyelesaikan masalah dengan konsep himpunan

Mengoperasikan himpunan dengan digram venn

§ Kesadaran akan potensi diri
§ Kecakapan kerjasama
§ Kecakapan memecahkan masalah
§ Kecakapan komunikasi.

§ Pemberian tugas
§ Uraian obyektif
§ Multifulcois ( Pilihan Ganda)

§ Guru memberikan tugas siswa untuk menyelesaikan soal diagram venn
§ Siswa mengerjakan latihan soal 10 dan mengerjakan di depan
§ Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi perbedaan irisan dan gabungan
§ Siswa mengerjakan soal latihan 12 agar siswa dapat menggambar irisan dan gabungan dalam diagram venn
§ Siswa yang minimal dapat mengerjakan 75% dengan benar dapat di lanjutkan ke kegiatan selanjutnya
§ Siswa yang belum dapat mengerjakan 75% benar harus mengulang mengerjakan contoh soal lain yang di berikan
§ Guru membagi siswa beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas sifat-sifat operasi pada himpunan.




10

§ Buku pintar matematika SMP
§ Konsep dan aplikasi matematika 1
§ Jenius matematika 1







§ Siswa di minta untuk mengerjakan soal uji kompetensi
§ Hasil evaluasi di koerksi besama siswa
§ Siswa yang telah mencapai minimal 75% dengan benar pada evaluasi di anggap tuntas
§ Siswa yang belum mencapai minimal 75% benar untuk evaluasi belum di anggap tuntas dan harus mengulang evaluasi sehingga mencapai nilai yang minimal.
2
§ Buku Pintar Matematika SMP
§ Konsep dan aplikasi matematika 1
§ Jenius matematika 1


Mengetahui,
Kepala Sekolah ……………..                                                                              Guru Mata Diklat ………………….




………………………………                                                                                                            ………………………………………



Tidak ada komentar:

Posting Komentar