|
RANCANGAN SATUAN ACARA PEMELAJARAN (SAP)
Program keahlian : Sekolah Menengah Pertama
Mata Diklat : Matematika
Kompetensi : D. Himpunan
Kelas : VII ( tujuh)
Waktu : 22 jam pelajaran
Sub kompetensi | Materi Pokok Pembelajaran | Substansi Non-instruksional | Metode penilaian | Strategi Pembelajaran | Waktu (JamPel) | Sumber daya | |||||||
Sikap | Pengetahuan | Keterampilan | |||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | |||||
D1. Mengenal himpunan | Teliti dan cermat dalam menerapkan konsep himpunan | § Pengertian himpunan § Menyatakan himpunan dengan mendata anggotanya § Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga | Mengope-rasikan himpunan | § Kesadaran akan potensi diri § Kecakapan kerjasama § Kecakapan memecahkan masalah § Kecakapan komunikasi | § Pemberian tugas multi fulcois( pilihan ganda) § Uraian | § Siswa menyimak dengan cermat pengantar guru tentang contoh-contoh himpunan dalam kehidupan sehari-hari § Guru meminta siswa menyebutkan beberapa contoh yang merupakan himpunan dan bukan himpunan § Guru meminta siswa mengerjakan contoh soal latihan 3. § Siswa yang dapat mengerjakan minimal 75% dengan benar maka di lanjutkan ke kegiatan ke 3 § Siswa yang belum mendapatkan minimal 75% hasil tes, harus mengerjakan ulang tugas latihan 3. | 4 | § Buku Pintar Matematika SMP § Konsep dan aplikasi matematika 1 § Jenius Matematika 1 | |||||
D2. Memahami konsep bagian himpunan | Teliti dan cermat dalam menerapkan konsep bagian himpunan | § Dapat membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya § Dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan § Dapat memahami tentang himpunan semseta serta dapat menyebutkan anggotanya | Mengoprasikan himpunan kosong dan himpunan bagian | § Kesadaran akan potensi diri § Kecakapan kerjasama § Kecakapan memecahkan masalah § Kecakapan komunikasi § Menumbuhkan Kreakivitas | § Pemberian tugas § Uraian obyektif | § Siswa mendiskusikan tentang pengertian himpunan kosong. § Guru memberikan latihan soal tentang himpunan kosong dan Setelah siswa selesai mengerjakan soal, siswa di harapkan maju untuk mengerjakan di depan. § Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas dan di persentasikan § Guru memberikan tugas untuk mengerjakan latihan 9 kepada siswa § Siswa yang minimal dapat mengerjakn 75% dengan benar, dan dapat di lanjutkan ke kegiatan 4 § Siswa yang belum mencapai minimal 75% benar, guru memberikan contoh lain dan siswa mengerjakan | 6 | § Buku Pintar Matematika SMP § Konsep dan aplikasi matematika 1 § Jenius matematika 1 | |||||
D3. Menyatakan himpunan dengan diagram Venn | Teliti dan cermat dalam menerapkan konsep digram venn | § Mengenal digram venn § Dapat memahami irisan dan gabungan dua himpunan § Menyelesaikan masalah dengan konsep himpunan | Mengoperasikan himpunan dengan digram venn | § Kesadaran akan potensi diri § Kecakapan kerjasama § Kecakapan memecahkan masalah § Kecakapan komunikasi. | § Pemberian tugas § Uraian obyektif § Multifulcois ( Pilihan Ganda) | § Guru memberikan tugas siswa untuk menyelesaikan soal diagram venn § Siswa mengerjakan latihan soal 10 dan mengerjakan di depan § Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi perbedaan irisan dan gabungan § Siswa mengerjakan soal latihan 12 agar siswa dapat menggambar irisan dan gabungan dalam diagram venn § Siswa yang minimal dapat mengerjakan 75% dengan benar dapat di lanjutkan ke kegiatan selanjutnya § Siswa yang belum dapat mengerjakan 75% benar harus mengulang mengerjakan contoh soal lain yang di berikan § Guru membagi siswa beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas sifat-sifat operasi pada himpunan. | 10 | § Buku pintar matematika SMP § Konsep dan aplikasi matematika 1 § Jenius matematika 1 | |||||
| | | | | | § Siswa di minta untuk mengerjakan soal uji kompetensi § Hasil evaluasi di koerksi besama siswa § Siswa yang telah mencapai minimal 75% dengan benar pada evaluasi di anggap tuntas § Siswa yang belum mencapai minimal 75% benar untuk evaluasi belum di anggap tuntas dan harus mengulang evaluasi sehingga mencapai nilai yang minimal. | 2 | § Buku Pintar Matematika SMP § Konsep dan aplikasi matematika 1 § Jenius matematika 1 | |||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah …………….. Guru Mata Diklat ………………….
……………………………… ………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar