Pembelajaran
Pembelajaran disebut juga kegiatan
pembelajaran atau instruksional. Kegiatan pembelajaran adalah
usaha mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara
positif dalam kondisi tertentu (Miarso,2005:528). Sedangkan, menurut Sulhan (2006 : 7), pembelajaran dipandang sebagai suatu proses
merupakan rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa
belajar. Selanjutnya belajar menurut Slameto (2010 : 2) ialah
suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan
tingkah laku, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan
lingkungannya.
Pembelajaran
dapat digolongkan sebagai suatu aktivitas atau kegiatan. Sehingga, dalam
penelitian ini pengertian pembelajaran lebih cenderung menggunakan pengertian
belajar dari Slameto. Belajar merupakan proses usaha yang dilakukan seseorang
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku, sebagai hasil pengalamannya
sendiri dalam interaksi lingkungannya.
Dalam
kegiatan pembelajaran di kelas terdapat beberapa istilah tentang cara mengajar
seperti model, strategi, pendekatan, metode atau teknik pembelajaran. Model
pembelajaran merupakan suatu konsepsi untuk mengajar suatu materi dalam
mencapai tujuan tertentu. Contoh
model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran
berbasis masalah, atau model pembelajaran langsung. Dalam model mencakup strategi, pendekatan, metode,
maupun teknik. Strategi pembelajaran
merupakan siasat dalam pembelajaran seperti mengaktifkan peserta didik. Dalam
strategi terdapat beberapa pendekatan. Pendekatan merupakan suatu pedoman
mengajar yang sifatnya masih teoritis atau konseptual (Depdiknas, 2004:2).
Pendekatan
adalah suatu jalan, cara, atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru atau siswa
dalam pencapaian tujuan pengajaran. Contoh pendekatan dalam pengajaran
matematika antara lain: CBSA, kontekstual, induktif, deduktif, maupun pemecahan
masalah (Depdiknas, 2004: 3).
Metode
merupakan cara mengajar yang sifatnya umum dan dapat dilakukan pada semua mata
pelajaran, contohnya metode ceramah, metode tanya jawab, dan lain-lain. Sedangkan teknik merupakan cara mengajar yang
bersifat khusus sesuai dengan karakter materi pelajaran, peserta didik, atau
keterampilan guru. Teknik juga merupakan suatu metode yang khusus, misalnya
bertanya klasikal, bertanya berantai, atau bertanya silih berganti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar