1.
Hasil
Belajar
Suprijono (2011:5) hasil belajar adalah pola-pola
perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan
keterampilan-keterampilan. Hasil belajar yang nampak dari kemampuan yang
diperolesiswa, Merujuk pemikiran Gagne, hasil belajar berupa:
a. Informasi
verbal yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik
lisan maupun tertulis.
b. Keterampilan
intelektual yaitu kemampuan mempersentasikan konsep dan lambang.
c. Strategi
kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya
sendiri.
d. Keterampilan
motorik yaitu kemempuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan
koordinasi, sehingga terwujud otamatisme gerak jasmani.
e. Sikap
adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap
objek tersebut.
Hasil belajar adalah hasil yang
diperoleh siswa setelah mengikuti suatu materi tertentu dari mata pelajaran
yang berupa data kuantatif maupun kualitatif (Iskandar, 2009:128).
Menurut
Bloom, hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Domain kognitif adalah knowledge (pengetahuan,
ingatan), comprehension (pemahaman,
menjelaskan, meringkas, contoh), application
(menerapkan), analysis (menguraikan,
menentukan hubungan), synthesis (mengorganisasikan,
merencanakan, membentuk bangunan baru), dan evaluation
(menilai). Domain afektif adalah reciving
(sikap menerima), responding (memberikan
respons), valuing (nilai), organization (organisasi), characterization (karakterisasi). Domain
psikomotor meliputi initiatory,
pre-routine, dan rountinized (Suprijono,
2011:7).
Hamzah
(2008:213) hasil belajar adalah perubahan prilaku yang relatif menetap dalam diri seseorang sebagai akibat
interaksi seseorang dengan lingkungannya. Hasil belajar memiliki beberapa ranah
atau katagori dan secara umum merujuk kepada aspek pengetahuan, sikap, dan
keterampilan.
Hasil belajar adalah perubahan perilaku
secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja (Suprijono,
2011:7).
Berdasarkan pendapat para ahli yang telah diuraikan di atas
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah tingkatan penguasaan yang dimiliki siswa yang meliputi tiga
aspek yaitu kognitif, psikomotor, dan
afektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar